Standar Kompetensi :
4 Menerapkan konsep kalor dan prinsip
konservasi energy pada berbagai perubahan energi
Kompetensi Dasar :
4.2 Menganalisis
pengaruh kalor terhadap suatu zat
4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor
4.3 Menarapkan asas black dalam pemecahan masalah
Tujuan
Pembelajaran
1.
Menerapkan kalor sebagai bentuk
energi yang dapat diserap dan dilepas
2.
Membedakan tiga cara perpindahan
panas
3.
Menerapkan persamaan asas Black
untuk menyelesaikan persoalan
1. Konstruktivisme
Adalah
proses pembangunan baru dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman.
2. Inkuiri
Adalah
proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses
berfikir secara sistematis. Proses inkuiri dilakukan dalam beberapa langkah:
- Merumuskan masalah
- Mengajukan hipotesis
- Mengumpulkan data
- Menguji hipnotis berdasarkan data yang ditemukan
- Membuat kesimpulan
3. Bertanya (Questioning)
Belajar
pada hakikatnya adalah bertanya dan menjawab pertanyaan. Bertanya dapat
dipandang sebagai refleksi dari keingintahuan setiap individu; sedangkan
menjawab pertanyaan mencerminkan kemampuan seseorang dalam berfikir.
Dalam
suatu pembelajaran yang produktif kegiatan bertanya akan sangat berguna untuk:
a)
menggali informasi dan kemampuan siswa dalam penguasaan materi pelajaran
b)
membangkitkan motvasi siswa untuk belajar
c)
merangsang keingintahuan siswa terhadap sesuat
d)
memfokuskan siswa pada suatu yang diinginkan
e)
membimbing siswa untuk menemukan atau menyimpulkan sesuatu
4. Masyarakat Belajar (Learning
Community)
Konsep
Masyarakat Belajar (Learning Community) dalam CTL menyarankan agar hasil
pembelajaran diperoleh melalui kerjasama dengan orang lain. Dalam kelas CTL,
asas ini dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran melalui kelompok
belajar.
5. Pemodelan (Modeling)
Merupakan
proses pembelajarn dengan memperagakan sesuatu sebagai conto yang dapat ditiru
oleh setiap siswa.
6. Refleksi (Reflection)
Merupakan
proses pengendapan pengalaman yang telah dipelajari yang dilakukan dengan cara
mengurutkan kembali kejadian-kejadian atau peristiwa pembelajaran yang telah
dilalui.
7. Penilaian Nyata (Authentic
Assessment)
Adalah
proses yang dilakukan guru untuk mengumpulkan informasi tentang perkembangan
belajar yang dilakukan siswa.
Konsep
Masyarakat Belajar (Learning Community) dalam CTL menyarankan agar hasil
pembelajaran diperoleh melalui kerjasama dengan orang lain. Dalam kelas CTL,
asas ini dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran melalui kelompok
belajar.
Merupakan
proses pengendapan pengalaman yang telah dipelajari yang dilakukan dengan cara
mengurutkan kembali kejadian-kejadian atau peristiwa pembelajaran yang telah
dilalui.
Adalah
proses yang dilakukan guru untuk mengumpulkan informasi tentang perkembangan
belajar yang dilakukan siswa.
No comments:
Post a Comment