Source: http://www.amronbadriza.com/2012/05/cara-membuat-auto-readmore-di-blog.html#ixzz2QAbOsbxY

Social Icons

Pages

Tuesday, March 5, 2013

PENERAPAN LISTRIK AC DAN DC




Penerapan Listrik AC dan DC
 





Bekerjalah dalam kelompok Anda!
1.          Bagilah kelas Anda menjadi 3 kelompok dengan:
a.   Kelompok I mendiskusikan tentang pengertian listrik AC dan DC dan bagaimana cara membedakan tegangan AC dan DC!
b.      Kelompok II menjelaskan tentang bentuk rangkaian AC dirumah-rumah!
c.  Kelompok III mendiskusikan tentang penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
2.         Lakukan studi literatur untuk mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.
3.         Analisislah dan sajikan hasil tulisan kelompok Anda.
4.         Komunikasikanlah hasil diskusi kelompok Anda didepan kelas secara bergantian.






Arus DC (direct current atau arus searah) adalah arus listrik yang arahnya selalu mengalir dalam satu arah, yaitu keluar dari kutub positif melalui rangkaian menuju ke kutub negatif. Arus AC (alternating current atau arus bolak-balik) adalah arus listrik yang arahnya senantiasa berbalik secara teratur.

Untuk membedakan tegangan AC dan DC, kita dapat melihat dengan menggunakan osciloskop. Jika pada layar osciloskop kurva tegangannya selalu di atas atau selalu di bawah garis mendatar, maka itu adalah tegangan DC. Jika pada layar, kurva tegangannya sebagian di atas dan sebagian lagi di bawah garis mendatar, maka itu adalah tegangan AC.

Dalam kehidupan sehari-hari  banyak sekali pemanfaatan listrik AC dan DC diantaranya adalah:
 




a.      Pemasangan Jaringan Transmisi Listrik AC di Jalan
Dari pembangkit listrik menuju ke pelanggan yaitu rumah tinggal, pertokoan, industri maupun instansi. Arus AC juga dapat diubah menjadi arus DC dengan memakai Trafo. Arus listrik DC dikirim/ditransmisikan melalui sistem jaringan bertegangan tinggi. Sistem tegangan tinggi dipilih dan bukan sistem arus tinggi sebab berkaitan dengan luas penampang penghantar.


b.      Pengamanan Jaringan Listrik AC dalam Rumah
 



Pemakaian daya listrik jaringan  listrik AC (arus bolak-balik) di rumah atau di kantor dibatasi oleh pemutus daya yang dipasang bersama dengan KWh meter. Jika arus listrik melebihi ketentuan maka dengan adanya pemutusan daya secara otomatis akan menurunkan saklar. Untuk keamanan pada alat-alat listrik rumah tangga biasanya pada masing-masing alat dipasang sekering.
Pemasangan sekering pada alat listrik untuk mengantisipasi adanya arus yang tiba-tiba membesar yang memungkinkan alat listrik dapat rusak atau terbakar. Dengan adanya sekering, jika arus tiba-tiba membesar maka sekering akan putus dan alat listrik tidak rusak.

 







c.      Pemakaian Alat-Alat Rumah Tangga
Arus AC pada umumnya digunakan pada peralatan elektronik seperti kipas angin, kulkas, kompor, listrik, teko listrik, TV, setrika.

 



















Pemakaian listrik DC (arus searah) sebagai sumber tegangan banyak dipakai pada berbagai peralatan elektronik atau otomotif. Lap top, televisi, radio, tape recorder, kamera,dan peralatan lain sering menggunakan listrik DC sebagai power supplynya.
 



No comments:

Post a Comment