Source: http://www.amronbadriza.com/2012/05/cara-membuat-auto-readmore-di-blog.html#ixzz2QAbOsbxY

Social Icons

Pages

Thursday, March 28, 2013

Petunjuk LKS CTL



Standar Kompetensi            :
4     Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energy pada berbagai perubahan energi

Kompetensi Dasar                :
4.2   Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
4.2  Menganalisis cara perpindahan kalor
4.3  Menarapkan asas black dalam pemecahan masalah

Tujuan Pembelajaran
1.          Menerapkan kalor sebagai bentuk energi yang dapat diserap dan dilepas
2.         Membedakan tiga cara perpindahan panas
3.         Menerapkan persamaan asas Black untuk menyelesaikan persoalan



1. Konstruktivisme
Adalah proses pembangunan baru dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman.

2. Inkuiri
Adalah proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berfikir secara sistematis. Proses inkuiri dilakukan dalam beberapa langkah:

Saturday, March 23, 2013

HUKUM PEMANTULAN




Tujuan:
Menjelaskan hukum pemantulan melalui percobaan

Alat dan Bahan
1.          Kertas HVS, penggaris, busur derajat
2.         Jarum pentul minimal 4 buah, pensil, cermin datar

Langkah-langkah Kegiatan:
1.        Gambarkan garis AB pada kertas HVS dan berilah tanda titik C ditengah garis AB seperti pada gambar kegiatan 2 dibawah.
2.        Buatlah garis Normal dititik C dengan menggunakan busur derajat, garis normal merupakan garis yang tegaklurus pada bidang kertas.

Monday, March 11, 2013

Lembar Eksperimen Kalor Lebur




A.  Tujuan Eksperimen
Menentukan kalor lebur es

B.  Alat dan Bahan
1.      Gelas alumunium
2.      Es batu
3.      Stopwatch (HP)
4.      Air Panas
5.      Kalorimeter
6.      Termometer 
7.      Neraca Empat Lengan
8.      Gelas Beker

SOAL DAN PEMBAHASAN




1.        Jawablah titik – titik di bawah ini dengan menggunakan rumus yang benar !
a.    20 °R = ……….. °C
b.    16 °R = ……….. °K
c.     68 °F = ……….. °R
d.    50 °Rn = ……….. °


















2.        Air mendidih bersuhu 30 °C termometer X mempunyai TTA 150 °X dan TTB -50 °X termometer Y mempunyai TTA 130 °Y dan TTB 30 °Y. Tentukan berapa suhu air mendidih menurut termometer X dan Y.

Lembar Eksperimen Panas Jenis





A.      TUJUAN
Melakukan pengukuran panas jenis dengan menggunakan kalorimeter



B.      ALAT  DAN BAHAN
1.      Kalorimeter
2.      Pemanas dan tungku spritus
3.      Landasan besi
4.      Thermometer

Sunday, March 10, 2013

Uji Kompetensi VII

Untuk meningkatkan pemahaman tentang Suhu Kalor maka kerjakanlah soal-soal dibawah ini. Anda cukup memberikan jawaban pada option yang tersedia



Soal Uji Kompetensi BAB VII SUHU KALOR dapat di download disini

esaay

Untuk meningkatkan pemahaman anda, kerjakan soal dibawah ini. Anda cukup mengerjakan dilembar kerja yang tersedia.

soal Essay dapat di buka disini

SK, KD dan PETA KONSEP



BAB VII
K A L O R dan PERPINDAHANNYA




Latihan Soal

Untuk meningkatkan pemahaman Andai tentang materi Suhu Kalor, silahkan kerjakan soal latihan dibawah ini.



Soal latihan Suhu dan Kalor dapat di lihat disini

SUHU DAN TERMOMETER











Perhatikan gambar 4.1 diatas. Pernahkan Anda berjalan di bawah sinar matahari yang terik? Bagaimana rasanya? Panas bukan?. Lain halnya jika kita berada di dalam ruangan yang ber-AC, udara di  dalam ruangan tersebut pasti akan terasa sejuk dan dingin. Mengapa demikian? Allah SWT  telah memberi kita karunia dengan lima indra penting yang sering kita  sebut  sebagai panca indra.  Salah  satu dari kelima indra tersebut berfungsi  sebagai  sensor  terhadap panas   dan  dingin  yaitu  indra  peraba.  Itulah  sebabnya  kita  dapat  membedakan keadaan panas dan dingin di sekitar kita.

ASAS BLACK








Pernahkah Anda mandi dan airnya kedinginan? Apa yang Anda lakukan? Kemudian pernahkah anda membuat teh manis dan terlalu panas? Apa yang Anda lakukan? Tentunya anda akan menuangkan sejumlah air panas pada air mandi anda. Dan Anda akan mendinginkan teh manis dengan menambahkan es.
Kejadian-kejadian yang pernah Anda lakukan diatas ternyata sangat sesuai dengan konsep fisika. Apabila dua zat atau lebih mempunyai suhu yang berbeda dan terisolasi dalam suatu system, maka kalor akan mengalir dari zat yang suhunya tinggi ke zat yang suhunya rendah. Jika air panas dicampur dengan air dingin, sehingga diperoleh campuran yaitu air hangat. Ini berarti air panas turun suhunya, karena memberikan kalor kepada air yang dingin. Sedangkan air dingin naik suhunya karena ia menyerap kalor dari air panas.

Friday, March 8, 2013

PEMANTULAN CAHAYA



 
  
 
           Mungkin Anda pernah bertanya, mengapa kita bisa melihat benda-benda?. Mungkin Anda juga pernah bertanya mengapa pada malam hari yang gelap gulita, Anda menyalakan senter dan mengarahkan ke ruang yang gelap gulita, sekeliling ruangan tetap gelap gulita?
Ya, kita dapat melihat benda-benda karena ada cahaya dari benda yang sampai kemata kita, entah cahaya itu memang berasal dari benda tersebut, entah karena benda itu memantulkan cahaya yang datang kepadanya lalu mengenai mata kita. Untuk dapat melihat benda harus ada cahaya yang datang dari benda tersebut menuju ke mata pengamat. Ini berarti meskipun ada cahaya yang datang tapi tidak mengenai mata kita, sekeliling benda tetap gelap


Ada pendapat yang mengatakan bahwa terdapat perbedaan antara cahaya dan sinar. Menurut Anda apakah perbedaan Cahaya dan Sinar? Diskusikanlah dengan teman sebangkumu!
 

A. CAHAYA
Cahaya termasuk gelombang elektromagnetik dengan frekuensi sekitar (1014-1015) Hz. Cahaya ini tidak hanya dapat merambat pada zat-zat optic saja tetapi juga dalam ruang hampa dengan kelajuan 3 x 108 m/s.

Thursday, March 7, 2013

PEMBIASAN CAHAYA








Bagilah kelas Anda menjadi 5 kelompok, kemudian lakukan kegiatan berikut.
1.          Merumuskan masalah
a.      Bagaimana pembiasan dari optic kurang rapat ke optic rapat?
b.      Bagaimana pembiasan dari optic lebuh rapat ke optic kurang rapat?
c.        Bagaimana penerapan pembiasan dalam kehidupan sehari-hari?
d.      Mengapa dasar kolam tampak dangkal jika dilihat dari permukaan kolam?
e.       Mengapa pensil tampak membengkok jika dimasukkan dalam air?
2.         Mengamati dan melakukan observasi
a.      Bacalah buku atau sumber lain untuk mendapatkan informasi
b.      Amati dan kumpulkan data dari objek yang diamati
3.         Menganalisis dan menyajikan tulisan
a.      Membuat gambar dan menganalisis pembiasan dari optic kurang rapat ke optic rapat atau sebaliknya.
b.      Membuat gambar dan menganalisis pembiasan dari optic kurang rapat ke optic rapat atau sebaliknya.
c.        Membuat gambar dan menganalisis mengapa dasar kolam tampak dangkal.
d.      Membuat gambar dan menganalisis pensil tampak membengkok dalam air.
4.         Komunikasikan dan sajikanlan hasil diskusi kalian didepan kelas.

ALAT-ALAT OPTIK


Pernahkah anda difoto menggunakan kamera? Pernahkah anda melihat jarak jauh menggunakan teropong prisma (keker)? Pernahkah anda melihat benda kecil menggunakan lup atau mikroskop? Tetapi pasti jarang diantara anda melihat pulau dari dalam kapal selam menggunakan periskop. Untuk melihat benda-benda yang sangat kecil seperti mikroorganisme, sel darah, anda membutuhkan alat bantu mikroskop. Demikian juga jika kita mau mengamati benda-benda yang sangat jauh seperti bintang, rasi bintang, bulan dan lain sebagainya kita membutuhkan teleskop. Alat-alat tersebut dan alat-alat lainnya yang menggunakan lensa dan prisma tergolong sebagai alat-alat optik.







Mata
Mata merupakan salah satu alat optik yang dikaruniakan Tuhan kepada kita. Dengan mata kita bisa melihat Indahnya ciptaan Tuhan. Mata terdiri dari tiga organ utama yaitu bola mata, lensa mata dan retina. Diskusikanlah dengan teman sebangku anda mengenai gambar. 8 berikut ini.